Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan peserta didik atas kemampuan berpikir melalui model Problem Based Learning dengan persamaan kuadrat pada kelas IX SMP Negeri 1 Barong Tongkok. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas IX-A yang berjumlah 35 peserta didik, sedangkan objek dari pelitian adalah penerapan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumen, tugas, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Diperlihatkan bahwa hasil penelitian menjelaskan bahwa setelah dilakukannya model Problem Based Learning yang diikuti peserta didik, diperolehnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang meningkat. Telah terlampauinya standar yang telah ditentukan pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta serta persentasi ketuntasan kelas dari siklus I, siklus II, dan siklus III yakni rata-rata dengan persentasi ketuntasan kelas yaitu pada siklus I yang mengalami peningkatan menjadi dengan persentasi ketuntasan kelas yaitu pada siklus II dan kembali mengalami peningkatan menjadi dengan persentasi ketuntasan kelas yaitu pada siklus III. Sedangkan terdapat kategori cukup meningkat pada hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I aktivitas guru dan peserta didik,berkategori baik di siklus II, dan meningkat dengan kategori sangat baik pada siklus III. Melalui analisis data dan hasil penelitian, maka disimpulkan model Problem Based Learning bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan materi persamaan kuadrat di kelas IX SMP Negeri 1 Barong Tongkok.
Copyrights © 2025