PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2025): EDISI APRIL 2025

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Safitri, Alfiyyah Hana (Unknown)
Abadi, Agung Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Untuk menjawab rumusan masalah penelitian, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk The One Group PreTest-PostTest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rengasdengklok. Pengambilan sampel tidak dipilih secara random dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang diberikan sebelum dilakukan sebuah treatment (Pretest) dan setelah (Posttest) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif untuk di uji hipotesisnya dengan teknik analisis data terhadap dua sampel dependen yakni menggunakan uji Wilcoxon, dan uji data N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...