Siswa masih sering menerima kesalahan konsep dari pembelajaran yang menimbulkan beberapa hambatan belajar. Hambatan belajar merupakan halangan yang mampu memperlambat siswa dalam memahami atau mengamplikasikan pembelajaran karena berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa SMP pada materi Statistika. Penilitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diperoleh dari 38 siswa dari kelas VIII disalah satu SMP Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes yang terdiri dari 3 butir soal dengan bentuk uraian dan dilanjutkan dengan wawancara. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat hambatan belajar yang dialami oleh beberapa siswa SMP kelas VIII pada materi Statistika. Terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan siswa mengalami hambatan belajar. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII disalah satu SMP Kabupaten Karawang masih mengalami hambatan belajar pada materi Statistika.
Copyrights © 2025