IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) TERHADAP PENGUASAAN SOFT SKILL DAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII BISNIS RITEL MATA PELAJARAN PENGELOLAHAN BISNIS RITEL DI SMK NEGERI 13 MEDAN T.A 2024/2025

Mutiara, Nadila (Unknown)
Rahmadana, Muhammad Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory (TEFA)terhadap Penguasaan Soft Skill dan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Bisnis Ritel pada MataPelajaran Pengelolahan Bisnis Ritel di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2 024/2025. Penelitianini menggunakan Metode Pre Experimental Design dengan Desain penelitian yang digunakan adalahOne Group Pre Pre-Test – PostPost-Test. Sampel Penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas XII BisnisRitel sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan modelTEFA terhadap penguasaan soft skill siswa, dengan nilai ilai thitung > ttabel (6,484 > 1,697). Halini menunjukkan bahwa TEFA mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama,tanggung jawab, adaptasi , dan kejujuran siswa. Namun, pada variabel kesiapan kerja, hasil ujiWilcoxon menunjukkan nilai Z sebesar -4.866 dengan signifikansi < 0,05, yang berarti tidak terdapatpengaruh signifikan model TEFA terhadap kesiapan kerja siswa. Namun, hasil ini tidakmengindikasikan bahwa Model Pembelajaran Teaching Factory tidak efektif, Pengaruh signifikanterhadap Kesiapan Kerja siswa mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor lain Seperti Minat,Motivasi dan Karakteristik Siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...