Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasisWordwall pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis untuk siswa kelas XI Bisnis Digital diSMKS Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalahResearch and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan:Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil analisis awalmenunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya kurang interaktif,mengakibatkan rendahnya ketercapaian hasil belajar siswa, di mana 55% siswa tidakmencapai KKTP. Media pembelajaran Wordwall dirancang dengan dukungan platformGoogle Sites dan Canva guna menyajikan materi secara visual dan kuis berbasis gameinteraktif. Hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangatlayak digunakan, dengan skor kelayakan rata-rata 89%. Respon siswa terhadap penggunaanmedia ini juga sangat positif, dengan skor rata-rata angket sebesar 82% yang tergolongdalam kategori “sangat menarik”. Selain itu, efektivitas media diuji melalui peningkatanhasil belajar kognitif siswa. Pada pertemuan pertama, rata-rata nilai pre-test sebesar 66,93meningkat menjadi 86,07 pada post-test dengan N-Gain sebesar 0,60 (kategori sedang).Pada pertemuan kedua, nilai pre-test sebesar 84,34 meningkat menjadi 99,03 pada posttest.Peningkatan tersebut menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,95 yang termasuk dalamkategori tinggi”Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mediapembelajaran interaktif berbasis Wordwall sangat layak, menarik, dan efektif dalammeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis.
Copyrights © 2025