Pertumbuhan bisnis yang pesat di era sekarang ini menuntut perusahaan buat mempunyai keterampilan dan kompetensi yang unggul dalam mengelola reputasi nilai perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan yang bertindak sebagai variabel moderasi, penelitian ini berupaya untuk menguji bagaimana leverage, likuiditas, dan profitabilitas memengaruh nilai perusahaan. Profitabilitas mencerminkan kebisaan perusahaan dalam menghasilkan laba dari kegiatan operasionalnya. Profitabilitas menjadi indikator utama bagi perusahaan buat memperlihatkan kinerja keuangan yang sehat dan berkelanjutan. Tingkat profitabilitas yang tinggi memperlihatkan efisiensi pengelolaan sumber daya, yang selanjutnya berdampak pada kepercayaan pasar Fokus penelitian ini adalah perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk jangka waktu 2020 sampai 2023. Dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan perusahaan, pendekatan penelitian kuantitatif digunakan. Program E-Views digunakan untuk menerapkan regresi data panel sebagai bagian dari pendekatan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, leverage sangat memengaruhi nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan likuiditas hanya mempunyai dampak yang kecil. Selain itu, dampak utang, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan tidak dapat dimoderasi dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Berdasarkan kesimpulan ini, untuk meningkatkan nilai perusahaan, manajemen harus lebih berkonsentrasi pada pengendalian elemen leverage dan struktur keuangan.
Copyrights © 2025