Sertifikasi halal memegang peranan penting dalam mendorong daya saing produk dan memberikan keyakinan kepada konsumen untuk menggunakan suatu produk, khususnya dalam konteks pertumbuhan ekonomi syariah yang semakin pesat. Di Indonesia, dengan mayoritas penduduk beragama Islam, kebutuhan akan produk bersertifikat halal terus meningkat dan menjadi peluang strategis bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat pelaku UMKM di Kecamatan Panyabungan terhadap sertifikasi halal dipengaruhi oleh pemahaman, kesadaran halal, dan motivasi Islam. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan analisis SEM-PLS. Sebanyak 95 pelaku UMKM di Kecamatan Panyabungan diberikan kuesioner skala Likert untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pelaku UMKM terhadap sertifikasi halal dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh ketiga variabel tersebut. Hal ini menegaskan bahwa peningkatan pemahaman, kesadaran, dan motivasi Islami dapat mendorong pelaku usaha untuk lebih aktif mengikuti sertifikasi halal.
Copyrights © 2025