Journal of Economics and Management Scienties
Volume 7 No. 3, June 2025

Pengaruh Pemahaman, Kesadaran Halal, dan Motivasi Islami terhadap Minat Sertifikasi Halal Pada Pelaku UMKM di Kecamatan Panyabungan

‘Aisyi, Luthfiyyah Rahadatul (Unknown)
Syahriza, Rahmi (Unknown)
Silalahi, Purnama Ramadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Sertifikasi halal memegang peranan penting dalam mendorong daya saing produk dan memberikan keyakinan kepada konsumen untuk menggunakan suatu produk, khususnya dalam konteks pertumbuhan ekonomi syariah yang semakin pesat. Di Indonesia, dengan mayoritas penduduk beragama Islam, kebutuhan akan produk bersertifikat halal terus meningkat dan menjadi peluang strategis bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat pelaku UMKM di Kecamatan Panyabungan terhadap sertifikasi halal dipengaruhi oleh pemahaman, kesadaran halal, dan motivasi Islam. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan analisis SEM-PLS. Sebanyak 95 pelaku UMKM di Kecamatan Panyabungan diberikan kuesioner skala Likert untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pelaku UMKM terhadap sertifikasi halal dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh ketiga variabel tersebut. Hal ini menegaskan bahwa peningkatan pemahaman, kesadaran, dan motivasi Islami dapat mendorong pelaku usaha untuk lebih aktif mengikuti sertifikasi halal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEMS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Economics and Management Scienties is a peer-reviewed open access journal covering applied issues in micro and macroeconomics, including (but not limited to): Political Economy Law and Economics Environmental Economics Innovation Economics Health Economics Gender Economics International ...