Kelancaran membaca merupakan salah satu aspek penting dalam kemampuan literasi awal siswa sekolah dasar. Namun, kenyataannya masih banyak siswa kelas III di SDN 1 Langsa yang mengalami kesulitan dalam membaca lancar, baik dari segi kecepatan maupun ketepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Membaca Berulang (Repeated Reading) dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Langsa, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 20 siswa sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kelancaran membaca siswa setelah diterapkannya metode Membaca Berulang. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penerapan strategi yang sederhana namun efektif dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada kelas rendah. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Membaca Berulang dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2025