Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui dan menganalisa sejauh mana peran Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir dalam menjalankan tugas dan fungsi pokok serta untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya anak putus sekolah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya minat anak untuk sekolah,lemahnya ekonomi keluarga,teman sepergaulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data dari hasil wawancara,observasi dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belum maksimalnya Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir dalam menjalankan tugas dan fungsinya karena masih adanya anak yang tidak bersekolah dan putus sekolah. Hal ini dikarenakan jumlah yang terdata anak yang tidak sekolah dan putus sekolah di Kabupaten Indragiri Hilir berjumlah 101 anak. Berdasarkan analisis penelitian dan kendala yang ditemukan hendaknya Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir perlu terus melakukan sosialisasi guna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pendidikan.sosialisasi tentang bantuan KIP (Kartu Indonesia Pintar),perlu melakukan kerjasama yang terpadu antara pihak-pihak yang terkaitdalam menekankan angka anak putus sekolah secara terprogramseperti tokoh masyarakat dan orang tua siswa.
Copyrights © 2025