Penelitian ini memiliki urgensi yang penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem penglihatan manusia. Masih rendahnya pemahaman siswa terhadap materi dan kurangnya inovasi media pembelajaran yang dikembangkan guru menjadi fokus penelitian ini. Media pembelajaran yang tepat akan membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kelayakan dan keefektivitas dari media pembelajaran berbasis Augmented Reality materi sistem penglihatan manusia pada siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan statistika inferensial. Hasil validasi media pembelajaran adalah 90% dari ahli rancang bangun, 88% dari ahli isi materi pembelajaran, 95% dari ahli desain instruksional, 96,36% dari ahli media pembelajaran, 96,18 dari uji perorangan, 95,23% dari uji kelompok kecil. Hasil uji efektivitas melalui teknik uji-t sample dependent memperoleh thitung 4,89 sedangkan ttabel adalah 1,7. Hal ini menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Media pembelajaran ini dikatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran sistem penglihatan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini bisa menjadi dorongan bagi guru untuk menggunakan berbagai media dan sumber belajar yang beragam agar pembelajaran tidak menjadi monoton.
Copyrights © 2024