Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki peranan yang penting dalam upaya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini dikarenakan peran UMKM yang fleksibilitas mampu menyerap tenaga kerja dengan cepat tanpa memandang tinggi rendahnya pendidikan para tenaga kerjanya sehingga UMKM ini selain berperan penting dalam ekonomi nasional juga berperan menanggulangi tingkat pengangguran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal UMKM Martabak Ta dan bagaimana strategi pemasaran UMKM Martabak Ta. Teknis analisis data yang digunakan untuk strategi pemasaran adalah analisis SWOT. Prosedur penelitian ini adalah pendekatan deskriftif kualitatif. Hasil analisis SWOT didapatkan nilai IFAS sebesar 3,33 dengan nilai EFAS sebesar 3,26 dan posisi UMKM Martabak Ta berada pada kuadran I yang mendukung strategi agresif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut strategi pemasaran UMKM Martabak Ta yang dapat digunakan antara lain: Strategi I: Pengembangan jaringan pasar, promosi, inovasi produk serta memanfaatkan tambahan modal dari Pemerintah/Bank, Strategi II: Meningkatkan kualitas SDM dengan pelatihan, Strategi III: Pemanfaatan sosial media guna mempromosikan harga baru, Strategi IV: Mendaftarkan Merk Dagang (Paten).
Copyrights © 2025