Kanker payudara menjadi isu kesehatan mendesak dan penyebab utama kasus kanker serta kematian pada wanita. Prevalensi kanker payudara terus meningkat, terutama di negara-negara berkembang. Permenkes UU No. 34 tahun 2015 mengatur pedoman SADARI untuk deteksi dini, tetapi kurangnya informasi dan edukasi masih menjadi kendala utama. Upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan edukasi kesehatan melalui Metode Edukasi dan Inspirasi (EDDIN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Edukasi Dan Inspirasi (EDDIN) Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Periksa Payudara Sendiri (SADARI) di SMKN 4 Tangerang Selatan. Desain penelitian menggunakan quasy experiment dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja putri di SMKN 4 Tangerang Selatan jurusan layanan kesehatan dengan sampel 20 orang yang diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisa data dilakukan dengan uji statistik Paired T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Metode Edukasi Dan Inspirasi (EDDIN) Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang SADARI Di SMKN 4 Tangerang Selatan (p=0,001). Hasil penelitian ini diharapkan dapat diaplikasikan dalam berbagai tema edukasi kesehatan bagi remaja.
Copyrights © 2025