Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media canva terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jeneponto. Variabel dalam penelitian ini adalah Penggunaan Media Canva (X) dan Hasil Belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Jeneponto yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian dengan sampel sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh model persamaan Y’ = 65.420+0,581X yang berarti penggunaan media canva berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang tiap penambahan 1 nilai penggunaan media canva, maka nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,581 satuan. Dari hasil analisis korelasi pearson product moment (r) diperoleh nilai r = 0,644 yang berada pada Interval 0,50-0,699 memiliki hubungan yang sedang antara penggunaan media canva terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2)  diperoleh nilai R2 =  0,415 atau 41,5 % yang berarti penggunaan media canva memiliki konstribusi kepada hasil belajar sebesar 41,5 persen sedangkan sisanya 58,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0.05 yang berarti penggunaan media canva berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Maka hipotesis yang diajukan “diduga bahwa penggunaan media canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi dasar kelas X jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Jeneponto” dapat diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025