Penelitian ini memfokuskan pada motivasi menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret menggunakan Fit Choice Theory ditinjau dari latar belakang pekerjaan orangtua.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh latar belakang pekerjaan orangtua terhadap task perception (2) pengaruh latar belakang pekerjaan orangtua terhadap self perception (3) pengaruh latar belakang pekerjaan orangtua terhadap utility value (4) pengaruh latar belakang pekerjaan orangtua terhadap fallback career. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta 2020 – 2023 berjumlah 443. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik Stratified Random Sampling sehingga diperoleh sampel 210 mahasiswa. Data penelitian akan diambil dan dikumpulkan dengan angket/kuesioner yang dikirim secara online melalui google form. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi hirarki. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antar latar belakang pekerjaan orangtua terhadap task perception mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. t hitung>t tabel yaitu 7,777 > 1.971; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang pekerjaan orangtua terhadap self perception mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 3,524 > 1.971; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang pekerjaan orangtua terhadap utility value mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2,650 > 1.971; 3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara latar belakang pekerjaan orangtua terhadap fallback career mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, -3,017 > - 1971.
Copyrights © 2025