Penelitian ini disusun untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik berdasarkan Theory of Planned Behavior melalui intention pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif secara kuantitatif dengan populasi penelitian adalah mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi. Sampel yang ditetapkan sebanyak 216 sampel dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Uji validitas istrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji relibilitas instrumen menggunakan cronbach’s alpha. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan sobel test sebagai analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attitude, perceived behavioral control, dan past behavior berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Sedangkan subjective norms tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin positif sikap mahasiswa terhadap perilaku kecurangan, semakin kuat kontrol perilaku yang dirasakan, dan semakin sering mahasiswa melakukan perilaku kecurangan di masa lalu maka semakin tinggi niat untuk melakukan perilaku kecurangan akademik. Sedangkan lingkungan terdekat mahasiswa tidak mendukung perilaku kecurangan, sehingga tidak mempengaruhi niat untuk melakukan perilaku kecurangan akademik.
Copyrights © 2025