JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 2 No 12 (2025): JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi

Eksplorasi Pola Ketimpangan Pendidikan Dasar di Indonesia Melalui Segmentasi Wilayah Berbasis Clustering

Mahendra, Alfianas Shofi Tafta (Unknown)
Ferdyan Candra Adinata (Unknown)
Adiv Prasetiyo Nugroho (Unknown)
Nova Bryan Haidar (Unknown)
Muhammad Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Ketimpangan dalam penyediaan dan kualitas layanan pendidikan dasar masih menjadi isu strategis di Indonesia, terutama di tingkat kabupaten/kota. Perbedaan jumlah guru, kapasitas rombongan belajar, serta angka putus sekolah dan pengulangan kelas mencerminkan tantangan yang bervariasi antar wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola ketimpangan tersebut melalui pendekatan segmentasi wilayah menggunakan algoritma clustering K-Means. Data yang dianalisis bersumber dari Kementerian Pendidikan, mencakup indikator rasio guru per siswa, jumlah rombel, serta angka putus dan mengulang di jenjang pendidikan dasar. Proses analisis meliputi praproses data, normalisasi, pemilihan jumlah klaster optimal menggunakan elbow method, dan visualisasi hasil klasterisasi dengan Principal Component Analysis (PCA). Hasil penelitian menghasilkan tiga segmen wilayah dengan karakteristik berbeda, yang merepresentasikan tingkat kerentanan dan keberhasilan pendidikan dasar. Temuan ini memberikan landasan awal bagi pemangku kebijakan untuk merancang intervensi yang lebih kontekstual dan berbasis data dalam upaya pemerataan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...