Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa, diperlukan sistem yang efektif dan efisien untuk menampung serta menindaklanjuti pengaduan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan masyarakat berbasis web yang dapat digunakan oleh warga desa untuk menyampaikan keluhan atau laporan terkait pelayanan atau peristiwa di lingkungan mereka. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan metode Waterfall, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan secara langsung kepada pihak desa, serta memungkinkan pihak desa untuk memverifikasi, menanggapi, dan mendokumentasikan setiap pengaduan dengan lebih terstruktur. Pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik sesuai kebutuhan pengguna. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat tercipta komunikasi dua arah yang lebih transparan dan responsif antara masyarakat dan pemerintahan desa.
Copyrights © 2025