Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan literasi keuangan terhadap keputusan metode pembayaran UMKM Bapgo. Objek penelitian adalah konsumen UMKM Bapgo yang telah menggunakan metode pembayaran tunai dan non-tunai UMKM Bapgo. Populasi penelitian ini sebesar 150 konsumen, sampel diperoleh sebanyak 109 dengan perhitungan menggunakan rumus slovin yang merupakan konsumen UMKM Bapgo. Kuesioner dibagikan kepada konsumen UMKM Bapgo untuk memperoleh data penelitian. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dan diuji dengan SPSS Ver 27. Hasil dari penelitian ini yaitu literasi digital berpengaruh secara positif pada keputusan metode pembayaran. Literasi keuangan menunjukkan pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan metode pembayaran. Kemudian, hasil secara simultan bahwa literasi digital dan literasi keuangan memiliki pengaruh terhadap keputusan metode pembayaran.
Copyrights © 2025