Gizi kurang merupakan kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan, dan fungsi tubuh yang optimal. Tingginya angka gizi buruk di kalangan anak sekolah dasar, terutama disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dan kurangnya edukasi tentang pentingnya makanan bergizi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Meningkatkan pengetahuan siswa, orang tua setra guru tentang gizi seimbang dan memperbaiki status gizi melalui edukasi dan penyuluhan yang dulakukan. Program ini dilaksanakan melalui sosialisasi yang meliputi pemberian materi tentang gizi seimbang, praktik langsung, dan distribusi media edukasi seperti leaflet. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post- test untuk mengukur perubahan pengetahuan siswa. Dari 26 siswa yang terlibat, 65,4% menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang pentingnya gizi seimbang setelah mengikuti program. Perubahan signifikan terlihat pada kelas 3 hingga kelas 6. Pendidikan tentang gizi seimbang efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa, meskipun tidak semua kelompok kelas menunjukkan perubahan yang sama. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman siswa. Diperlukan pendekatan yang lebih interaktif dan berkelanjutan dalam sosialisasi gizi serta melibatkan orang tua dan guru untuk mendukung penerapan pola makan sehat di rumah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025