Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong transformasi sistem pembelajaran ke arah digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi e-learning berbasis web guna meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Hamzanwadi, khususnya dalam pemahaman konsep dasar pemrograman. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan sistem ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Sistem yang dibangun memiliki dua antarmuka, yaitu untuk tutor dan siswa, dengan fitur-fitur seperti manajemen materi, kuis, serta akses belajar mandiri. Pengujian menggunakan metode blackbox menunjukkan bahwa 88% fitur berjalan sesuai fungsinya, meskipun beberapa fitur seperti penambahan materi dan kuis oleh tutor masih perlu ditingkatkan. Hasil uji implementasi juga menunjukkan bahwa siswa merasa terbantu dengan keberadaan sistem ini dalam mengakses dan memahami materi secara fleksibel. Dengan demikian, aplikasi e-learning yang dikembangkan telah memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran mandiri siswa dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan digital di perguruan tinggi.
Copyrights © 2025