Pengelolaan arsip memegang peranan penting dalam suatu organisasi, manajemen dan administrasi, arsip merupakan memori dalam setiap pergerakannya, tanpa arsip tidak terbayangkan seseorang akan mengingat semua laporan yang membingungkan. Dengan demikian arsip statis selalu berhubungan dengan surat, wakat, berkas, dan arsip lainnya. Pelayanan publik adalah semua kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak dasar setiap warga negara dan penduduk terhadap barang, jasa, dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan yang berkaitan dengan kepentingan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Arsip dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kantor Camat Sako Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara ilmiah dengan menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan teknik analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyimpanan data dan penarikan simpulan. Manajemen Kearsipan Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Sako Palembang sangat bermanfaat dalam peningkatan pelayanan publik, selain memaksimalkan kearsipan, pelayanan publik memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan manajemen kearsipan agar prosedur operasi standar (SOP) yang ada memiliki kualitas kerja, ketentuan, keterampilan komunikasi bertujuan agar arsip mudah diperoleh. Kata Kunci: Manajemen Kearsipan, Pelayanan Publik
Copyrights © 2025