Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 8, No 1 (2025): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pemanfaatan Mitos Sebagai Pengenalan Tradisi “Larung Sesaji” Untuk Pembelajaran BIPA

Solikah, Halimatus (Unknown)
Suyatno, Suyatno (Universitas Negeri Surabaya)
Mulyono, Mulyono (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pemanfataan mitos sebagai pengenalan tradisi Larung Sesaji untuk pembelajaran BIPA. Tradisi Larung Sesaji dapat dijadikan sebagai pembelajaran bahasa sekaligus budaya yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa narasi atau kata-kata terkait tradisi Larung Sesaji di Gunung Kelud. Sumber data diperoleh dari berbagai sumber yang relevan dengan mitos Gunung Kelud dan Lembu Suro, serta yang berkaitan dengan Larung Sesaji. Data penelitian berupa kearifan tradisi Larung Sesaji yang memiliki hubungan dengan mitos Gunung Kelud dan Lembu Suro di Kabupaten Kediri. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model Milles and Huberman, yakni, (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi data, 4) penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos dapat dimanfaatkan sebagai pengenalan tradisi Larung Sesaji melalui pengenalan sejarah tradisi dan bahan-bahan yang digunakan dalam sesaji.Kata Kunci: Mitos, Tradisi, Larung Sesaji, BIPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...