Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dimana setiap rumah sakit diharuskan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Setiap pasien yang telah menerima pelayanan dapat memberikan opininya melalui kolom komentar Google Maps yang dapat menggambarkan kualitas dari jasa layanan di rumah sakit. Data komentar tersebut dilabeli berdasarkan nilai rating yang diberikan pasien Selanjutnya, hasil pelabelan ini digunakan untuk memonitor kualitas pelayanan menggunakan Statistical Process Control (SPC) dimana ulasan negatif menunjukkan pelayanan yang cacat. Tools SPC yang cocok digunakan adalah diagram kendali p. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ulasan dari 1 Januari 2016 hingga 26 Desember 2023. Dari hasil pelabelan, diketahui bahwa sebanyak 68,01% ulasan dikategorikan sebagai kelas sentimen positif, 30,58% ulasan dikategorikan sebagai kelas sentimen negatif dan 1,41% ulasan dikategorikan sebagai kelas sentimen netral. Hasil monitoring menggunakan data rating memperlihatkan bahwa masih terdapat beberapa pengamatan yang belum terkendali secara statistik yang berarti pihak rumah sakit masih perlu melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja pelayanan yang ada.
Copyrights © 2024