Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 14, No 1 (2025)

Transformasi Tatanan Massa dan Program Ruang Penjara dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku dan teori Adventure Game

Halim, Reyhan Hamdani (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Noerwasito, Vincentius Totok (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penjara merupakan lembaga yang berperan penting dalam membentuk narapidana untuk bisa kembali ke masyarakat dan menyesali perbuatannya, namun seringkali desain penjara kurang memperhatikan aspek perilaku narapidana dan keberhasilan dalam mencapai nilai-nilai kemasyarakatan. Tujuan dari perancangan penjara ini adalah berfokus pada perilaku narapidana dan tingkatan penghukuman tiap massanya yang diharapkan dapat merubah perilaku narapidana sesuai dengan norma masyarakat. Dalam penerapannya, pendekatan arsitektur perilaku dengan metode naratif dapat merancang sebuah cerita pertaubatan dalam tatanan massa dan program ruang penjara. Concept based framework menjadi kerangka berpikir dalam penerapan narasi pada rancangan ini dengan hipotesa bahwa penjara merupakan sebuah permainan yang mewadahi narapidana di dalamnya. Dengan teori adventure game serta pendekatan arsitektur perilaku perancangan penjara ini menciptakan suasana penjara yang menimbulkan rasa bersalah, selalu merasa diawasi, dan pertaubatan. Sehingga dengan adanya perancangan ini diharapkan narapidana dapat pulih dan tidak mengulangi kejahatannya serta siap kembali ke masyarakat.

Copyrights © 2025