Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kinematika gerak lurus berbasis educational robotics dan model inkuiri terbimbing untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran kinematika. Penelitian ini menjawab tantangan umum dalam pembelajaran kinematika, seperti motivasi yang rendah, miskonsepsi, dan kesulitan dalam memvisualisasikan gerak, dengan mengintegrasikan teknologi robotik (Roblock) dan pemrograman blok (mBlock) untuk memberikan pengalaman belajar yang konkret dan interaktif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan tidak melakukan tahap Implementation dikarenakan waktu yang terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mencapai validitas tinggi, dengan skor validasi ahli materi 97,3% dan validasi ahli media 93,6%, yang menunjukkan kesiapan yang sangat baik untuk digunakan di kelas. Modul ini secara efektif menggabungkan penjelasan teoritis dengan eksperimen robotik langsung, memfasilitasi pembelajaran aktif melalui tahap-tahap inkuiri terbimbing (identifikasi masalah, perumusan hipotesis, eksperimen, analisis data, dan kesimpulan). Kekuatan utama termasuk ketersediaan format ganda (cetak dan digital), alur pembelajaran yang terstruktur, dan keselarasan dengan Kurikulum Merdeka, yang menekankan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis dan kolaborasi. Studi ini menyimpulkan bahwa modul berbasis robotika ini menawarkan solusi inovatif untuk mengajarkan kinematika, mengubah konsep abstrak menjadi pengalaman belajar yang nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025