Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 14, No 2 (2025)

Pengaruh Media Exposure terhadap Intention to Boycott Produk Pro-Israel: a Literature Review

Farisa, Alfira Hanum (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Agustin, Harisatul (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Nikmah, Uliyatun (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak media exposure terhadap intention to boycott, terutama dalam konteks fenomena genosida yang terjadi di Palestina yang dilakukan oleh Israel. Fenomena ini menjadi isu yang sangat kontroversial, memicu respons berbagai komunitas di seluruh dunia. Di tengah meningkatnya kesadaran global tentang isu-isu kemanusiaan dan konflik politik, ada kebutuhan mendesak untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan niat individu untuk memboikot merek yang terkait dengan konflik tersebut. Variabel yang diteliti mencakup media exposure, dan intention to boycott. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih responden dengan pemahaman isu Palestina dan kekuatan pembelian signifikan. Data dianalisis dengan SEM dengan menggunakan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media exposure berpengaruh positif terhadap intention to boycott.  

Copyrights © 2025