Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 2 (2025): Edumaspul: Jurnal Pendidikan (In Press)

The Effect of Using the Nearpod Application on Reading Comprehension in the International Class of a Senior High School

Samsugiyarni, Pratiwi (Unknown)
Taufiq, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi Nearpod terhadap kemampuan memahami bacaan di kalangan siswa International Class Program (ICP) di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, dengan fokus khusus pada teks naratif. Dengan menggunakan desain pra-eksperimen berbentuk one-group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 36 siswa ICP, terdiri atas 14 laki-laki dan 22 perempuan, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Intervensi yang dilakukan mencakup pengajaran teks naratif menggunakan Nearpod, sebuah platform interaktif yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji t berpasangan (paired samples t-tests). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan secara statistik pada skor pemahaman bacaan siswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 80,33 pada pretest menjadi 88,22 pada posttest (p-value = 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa Nearpod secara efektif meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa melalui pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Penelitian ini juga menyoroti potensi integrasi teknologi dalam pembelajaran literasi, serta merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi manfaat jangka panjang penggunaan Nearpod di berbagai tingkat kelas, jenis teks, dan konteks pendidikan yang beragam. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap semakin berkembangnya bukti yang mendukung pendekatan pedagogi berbasis teknologi dalam pembelajaran bahasa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...