Pada era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, institusi pendidikan menghadapi tantangan kompleks yang menuntut pembaruan strategi manajemen, khususnya dalam aspek kepemimpinan. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif adalah kepemimpinan transformasional, di mana kepala sekolah berperan sebagai agen perubahan yang mampu menginspirasi, memotivasi, serta membangun budaya kolaboratif dan inovatif di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam teori dan praktik kepemimpinan transformasional di sekolah melalui metode studi literatur terhadap 13 artikel jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan antara tahun 2021 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan motivasi kerja guru, kinerja staf, serta mutu layanan pendidikan. Dimensi utama kepemimpinan transformasional seperti pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual terbukti berperan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang adaptif dan berkualitas. Kajian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah serta dukungan kebijakan yang mendorong implementasi kepemimpinan transformasional guna menjawab tantangan pendidikan di era modern secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025