Jurnal Pakarena
Vol 10, No 1 (2025): Juli

KAJIAN NILAI PENDIDIKAN PADA TARI PATTU'DU TOMMUANE DI SD NO 5 PANGALI-ALI KCAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE

Syahbuddin, Huldia (Unknown)
Sumiani, Sumiani (Unknown)
Ihsan, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan analisis Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam penyajian tari Pattu’du’ Tommuane yang diajarkan di SD Negeri No 5 Pangali-ali Kabupaten Majene. 2) mengetahui dan Mendeskripsikan dan analisis cerminan nilai pendidikan yang terkandung dalam Tari Pattu’du’ Tommuaneyang diajarkan di SD Negeri No 5 Pangali-ali Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Analisis isi (contentanalysis) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta Studi dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Nilai-Nilai yang terkandung pada tari Pattuddu’ Tommuane yang di ajarkan di sekolah SD Negeri No.5 Pangali-ali. (a) Nilai pendidikan moral gerak Sibali parri gerakan menyerang dan bertahan bermakna persatuan dan melindungi satu sama lain, pola lantai melingkar lurus ke samping atau lurus ke belakang bermakna saling melindungi (b) Nilai pendidikan sosial penari berjumlah genap Banyaknya jumlah penari menggambarkan rasa kebersamaan antar masyarakat dan para prajurit. gerak To Sialla yaitu ditujukan sebagai faktor yang menampakkan kemampuan seseorang dari sudut pandang orang lain. (c) Nilai pendidikan budaya terlihat dari siswa yang diajar secara terus menerus tentang tarian ini untuk menjaga warisan suku mandar. (d) Nilai pendidikan estetika yang terkandung gerakan To Siala. pola lantai rmenggunakan formasi menyerang membuat lingkaran mengepung musuh, saling berhadapan dengan posisi menyerang dan bertahan. 2) Cerminan Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam Tari Pattu’du’ Tommuane yang diajarkan di SD Negeri No 5 Pangali-ali Kabupaten Majene. (a) Nilai pendidikan moral tercermin dari sikap berani untuk tampil didepan banyak orang, sikap siswa yang santun kepada bapak dan ibu guru Sifat saling menghargai atar sesama. (b) Nilai pendidikan sosial tercermin dari kolaborasi antar siswa adalah sikap disiplin dalam menjaga lingkungan sekolah dan menjaga komunikasi antar teman sebaya  ataupun kepada guru dengan menjunjung tinggi saling menghargai. (c) Nilai pendidikan budaya tercermin dari antusias para siswa untuk mengetahui tari Pattu’du’ Tommuane baik secara bentuk penyajian tari dan maknanya. kemauan yang tinggi untuk belajar membuat tarian ini tetap lestari. (d) Nilai pendidikan estetika tercermin dari keutuhan  musik iringan, lantunan gendang puik-puik dan calung dengan ketukan yang khas. Penonjolan dilihat dari penarinya yang laki-laki berusia remaja. Keseimbangan penari, berjumlah genap, pola lantai yang seimbang dan gerakan yang dimaksud gerakan ketika hendak menyerang.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pakarena

Publisher

Subject

Arts Other

Description

Jurnal Pakarena merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain dengan proses peer review. Menerbitkan Artikel hasil dan pengkajian seni, dengan ruang lingkup: seni rupa, drama, tari, dan ...