Komunikasiana: Journal of Communication Studies
Vol 7, No 1 (2025)

Praktik Gatekeeping Berbasis Popularitas dalam Pemberitaan Persib di Instagram @radarbandung.id

Hikmi, Adinda Nurul (Unknown)
Fanaqi, Chotijah (Unknown)
Erfan, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik gatekeeping berbasis popularitas dalam pemberitaan klub sepak bola Persib di Instagram @radarbandung.id. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, studi kepustakaan, dan wawancara kepada informan meliputi, pemimpin redaksi, editor berita, dan admin media sosial, serta dua narasumber dari kalangan praktisi dan akademisi jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses seleksi, penyuntingan, dan publikasi berita dipengaruhi oleh lima level Hierarchy of Influence Teori Shoemaker dan Reese: individu, rutinitas media, organisasi, ekstramedia, dan sistem sosial. Popularitas Persib menjadi faktor dominan yang mendorong intensitas pemberitaan, memengaruhi gaya penyajian, dan menciptakan ekspektasi tinggi dari audiens. Temuan ini menegaskan bahwa media digital dituntut tidak hanya cepat dan menarik perhatian publik, tetapi juga tetap menjaga akurasi, etika, dan keseimbangan informasi. Penelitian ini penting untuk memperkaya kajian tentang dinamika jurnalisme digital berbasis popularitas, serta memberikan kontribusi pada pengembangan literasi media dan profesionalisme pemberitaan olahraga di era media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komunikasiana

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunikasiana: Journal of Communication Studies Print ISSN 2654-4695 | Online ISSN 2654-7651 is an academic journal published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. This journal publishes the results of research on communication studies: Media, Journalism, Public ...