Jurnal Siber Transportasi dan Logistik
Vol. 2 No. 4 (2025): (JSTL) Jurnal Siber Transportasi dan Logistik (Januari - Maret 2025)

Analisis SWOT untuk Mengidentifikasi Strategi pemasaran PT.XYZ Dengan Pendekatan Matriks BCG

Darmawan, Khalista Putri (Unknown)
Ali, Hapzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang paling cocok untuk bisnis rumahan bakery.XYZ. Analisis SWOT, bersama dengan matriks BCG, IFE, dan EFE, digunakan sebagai alat analisis. Analisis SWOT diterapkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Bakery.XYZ Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari penelitian-penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis SWOT dengan bantuan matriks IFE dan EFE,Bakery.XYZ berada pada kuadran I dengan titik 0,35 untuk faktor internal dan 0,15 untuk faktor eksternal sehingga strategi yang disarankan menggunakan strategi pertumbuhan (Growth Strategy). Strategi SO juga disarankan untuk digunakan yaitu dengan cara meningkatkan mutu & kualitas produk, meningkatkan promosi penjualan secara online serta melakukan inovasi secara terus menerus pada produk. Berdasarkan matriks BCG Bakery.XYZ ada pada posisi star dengan tingkat pertumbuhan tinggi dan pangsa pasarnya relatif besar sehingga strategi yang dapat digunakan yaitu memanfaatkan keunggulan untuk memaksimalkan peluang usaha yang tersedia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSTL

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Siber Transportasi dan Logistik (JSTL) dikelola dan diterbitkan oleh Siber Nusantara Research & Yayasan Sinergi Inovasi Bersama (SIBER). Artikel-artikel JSTL merupakan hasil penelitian lapangan (field research), studi literatur, dan penelitian kebijakan publik. Tujuan penerbitan untuk ...