Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang paling cocok untuk bisnis rumahan bakery.XYZ. Analisis SWOT, bersama dengan matriks BCG, IFE, dan EFE, digunakan sebagai alat analisis. Analisis SWOT diterapkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Bakery.XYZ Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari penelitian-penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis SWOT dengan bantuan matriks IFE dan EFE,Bakery.XYZ berada pada kuadran I dengan titik 0,35 untuk faktor internal dan 0,15 untuk faktor eksternal sehingga strategi yang disarankan menggunakan strategi pertumbuhan (Growth Strategy). Strategi SO juga disarankan untuk digunakan yaitu dengan cara meningkatkan mutu & kualitas produk, meningkatkan promosi penjualan secara online serta melakukan inovasi secara terus menerus pada produk. Berdasarkan matriks BCG Bakery.XYZ ada pada posisi star dengan tingkat pertumbuhan tinggi dan pangsa pasarnya relatif besar sehingga strategi yang dapat digunakan yaitu memanfaatkan keunggulan untuk memaksimalkan peluang usaha yang tersedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025