Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan pilar penting pembangunan ekonomi Indonesia sehingga diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian, dan menyerap tenaga kerja lebih banyak. UMKM di Desa Parungkamal sudah sangat potensial namun perlu adanya pengembangan produk unggulan dan memperluas media promosi supaya produk yang sudah ada dapat lebih dikenal masyarakat secara luas. BUMDes di Desa Parungkamal sebagai andalan untuk dapat mengembangkan perekonomian desa perlu memainkan perannya dalam upaya untuk mengembangkan UMKM di Desa Parungkamal. Dengan langkah Langkah pengembangan UMKM, diharapkan UMKM yang ada bisda memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Desa. Bisnis digital sebagai media pemasaran yang saat ini bisa dikatakan cukup efektif, dapat menjadi alat strategis untuk upaya pengembangan UMKM yang ada. Dengan dimotori oleh BUMDes dan menggunakan sarana bisnis digital, maka berkembangnya UMKM bukan menjadi hal yang mustahil dan hal ini juga tentunya memerlukan peran serta seluruh masyarakat dan perangkat desa
Copyrights © 2025