Journal of Economics and Business Aseanomics
Vol. 9 No. 2 (2024): JULI-DESEMBER 2024

Pengaruh Promosi, Fokus Pada Konsumen, Dan Tata Kelola Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi (Penelitian Empiris Di Universitas Yarsi)

Munfaati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Universitas YARSI mengalami penurunan, upaya promosi seperti keikutsertaan Universitas YARSI dalam promosi dalam kampus (education fair) dan penyebaran informasi secara online melalui media sosial seperti facebook dan instagram masih belum mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel independen yang meliputi promosi, inovasi, tata kelola terhadap variabel dependen (kinerja pemasaran) dengan motivasi sebagai variabel intervening pada Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas YARSI. Pengolahan data penelitian menggunakan program Smart PLS versi 3.0 untuk mengukur kekuatan setiap variabel penelitian dan model struktural serta menganalisis data hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi namun dampaknya kecil, orientasi konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi, sedangkan tata kelola mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi namun tata kelola mempunyai pengaruh yang signifikan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi konsumen berpengaruh negatif dan kecil terhadap kinerja pemasaran, sedangkan tata kelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi memiliki dampak positif kecil terhadap kinerja pemasaran. Sebaliknya variabel intervening inovasi tidak berpengaruh pada variabel promosi, orientasi konsumen, dan tata kelola terhadap kinerja pemasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBA merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Pasca Sarjana Universitas YARSI (SPSUY). Jurnal ini diterbitkan secara bekala sebagai wadah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian konsep dan empiris di bidang ekonomi dan keuangan serta memberikan perhatian yang besar kepada pengembangan ...