Penelitian ini menganalisis kelayakan ekspansi usaha UKM Osha Snack dengan pendekatan kualitatif (wawancara mendalam) dan kuantitatif (analisis laporan keuangan). Aspek kualitatif menilai faktor operasional, pasar, dan SDM, sedangkan aspek kuantitatif menggunakan metode capital budgeting dengan mempertimbangkan perhitungan nilai waktu uang dan tingkat diskonto untuk mengukur kinerja finansial. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Osha Snack telah memiliki sistem operasional yang efisien, struktur SDM yang terorganisir, dan strategi pemasaran yang efektif. Analisis finansial menghasilkan Payback Period (PBP) 3,1 tahun, Net Present Value (NPV) Rp83.915.911 (positif), Profitability Index (PI) 1,4 (>1), dan Internal Rate of Return (IRR) 21,49% (melebihi biaya modal). Indikator-indikator ini membuktikan bahwa ekspansi usaha Osha Snack layak secara finansial. Selain itu, dukungan faktor non-keuangan yang kuat semakin memperkuat kelayakan pengembangan bisnis. Dengan demikian, Osha Snack memiliki prospek pertumbuhan yang baik dan direkomendasikan untuk melanjutkan rencana ekspansi.
Copyrights © 2025