Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Vol. 13 No. 1: Juni 2025

Phubbing sebagai tantangan dalam peningkatan kemampuan literasi di kalangan pelajar

Anshari, Muhamad Hafiz (Unknown)
Fauziah, Nor Hafizah Indah (Unknown)
Zulaikha, Sri Rohyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pada jaman digital perilaku Phubbing sudah umum terjadi yang berdampak menurunkan sebuah kualitas kemampuan literasi, hal ini merambat pada kualitas seorang pelajar baikĀ  akademik maupun non-akademik, jadi penelitian ini penting sebagai solusi meningkatkan literasi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Langkah-langkah pengumpulan data yaitu dengan cara mencari dan mengumpulkan karya ilmiah sebanyak 40. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan verifikasi. Karakteristik perilaku phubbing dapat dilihat dari pengidap nomophobia dan selalu mengabaikan interaksi sosial dengan lebih fokus kepada gadgetnya masing-masing. Faktor yang mempengaruhi perilaku ini antara lain kecanduan smartphone, media sosial, game online , fomo (fear of missing out), isolasi diri dan distorsi waktu, kemudian dari faktor tesebut akan berdampak penurunan skill interaksi sesorang yang merujuk kepada kualitas akademik maupun non-akademik, mengatasi masalah ini dapat dikontrol melalui dengan menerapkan penguatan diri menyadari dampaknya akan membawa efek tidak baik pada pelajar tersebut. selain itu, untuk mencegah phubbing ini dengan cara melakukan program peningkatan literasi informasi meliputi pengenalan sejak usia, edukasi pengunaan media sosial, penerapan permainan tradisional dan pemahaman keagamaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pustakakarya

Publisher

Subject

Arts Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel dengan topik Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. Terbit setiap 2 kali dalam satu tahun di bulan Juni dan ...