Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 8 No 2 (2025): Artikel Riset Juli 2025

Pengaruh Reputasi Seller Terhadap Keputusan Pembelian Grab Food Dalam Perspektif Brand Awareness

Avianti, Novi (Unknown)
Nurhasan, Rohimat (Unknown)
Suganda, Fitrin Rawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh reputasi seller terhadap keputusan pembelian Grab Food dalam perspektif brand awareness. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penyebaran kuesioner dengan alat analisis Smart-PLS Versi 3.0. Responden pada penelitian ini dengan jumlah 100 orang responden didapat dengan menggunakan teknik non-probabillity sampling dengan rumus Lemeshow hal ini dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui atau tidak terhingga. Hasil menunjukan bahwa secara langsung Reputasi Seller tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di platform GrabFood, sedangkan secara tidak langsung Reputasi Seller yang dimediasi oleh Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Seller yang menjaga reputasi cenderung lebih mudah dikenali serta dipilih oleh konsumen. Oleh karena itu, seller perlu menjaga kualitas layanan untuk meningkatkan Brand Awareness, sementara GrabFood sebagai platform disarankan untuk mendukung seller melalui fitur-fitur yang memperkuat eksposur reputasi mereka kepada konsumen.

Copyrights © 2025