NUMERICAL (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika)
VOL. 9 NO. 1 (2025)

Pengembangan Media Ular Tangga Numerasi (ULTASI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

AHSS, Filia Indonesia (Unknown)
Sunarso, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ular Tangga Numerasi (ULTASI) serta menguji kelayakan dan keefektifannya dalam pembelajaran matematika materi bilangan cacah hingga 1.000.000 di kelas V SD Negeri Karanganyar 01. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian mencakup ahli media, ahli materi, guru kelas V, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi tes pilihan ganda, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Inovasi media ini terletak pada papan permainan yang memuat materi pembelajaran serta kartu soal yang dilengkapi dengan barcode dan dapat diakses melalui perangkat digital. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh penilaian kelayakan sebesar 92,3% dari ahli media dan 91,6% dari ahli materi, keduanya termasuk kategori sangat layak. Uji keefektifan menggunakan analisis N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang, dengan efektivitas peningkatan sebesar 56,3%. Dengan demikian, media ULTASI dinyatakan layak dan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025