NUMERICAL (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika)
VOL. 9 NO. 1 (2025)

Efektivitas Model PBL Bernuansa Etnomatematika Bangunan Khas Kota Lama Banten untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS

Ibrahim, Fauzan Naufal (Unknown)
Setiyadi, Desi (Unknown)
Zubaidi, Zubaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Pada Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas V A SD Islam Asysyakirin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah gugus 1 Pinang tahun ajaran 2025, dengan sampel dipilih secara simple random sampling. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi < 0,05 dalam semua pengujian, analisis data Penggunaan Model PBL bernuansa bangunan khas kota lama banten melebihi 70, hasil uji ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan Model PBL lebih dari 25%, dan rata-rata hasil tes pembelajaran menggunakan Model PBL bernuansa etnomatematika bangunan khas kota lama banten lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media. Maka kesimpulannya adalah Model PBL bernuansa etnomatematika di kota Benteng lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa.

Copyrights © 2025