Informatics and Digital Expert (INDEX)
Vol. 7 No. 1 (2025): INDEX, Mei 2025

Transformasi Pendidikan Dari Kelas Ke Layar Menggali Dampak Dan Peluang Pembelajaran Daring Selama Covid-19: Systematic Literature Review

Wardoyo, Siswo (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)
Septiani, Melti (Unknown)
Wiherdiansyah, Farid (Unknown)
Akbar, Zulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memaksa transformasi sistem pendidikan dari metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak, tantangan, serta peluang yang muncul dalam pembelajaran daring selama pandemi. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan mengkaji 66 artikel yang difilter menjadi 4 artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan fasilitas teknologi, akses internet, dan adaptasi guru maupun siswa terhadap media digital. Namun, peluang yang muncul meliputi fleksibilitas waktu belajar dan peningkatan pemanfaatan teknologi pendidikan. Strategi komunikasi yang efektif dan inovasi penggunaan platform digital menjadi kunci dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya pengembangan teknologi pendidikan untuk mendukung pembelajaran daring di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

informatics

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem ...