Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Gestalt : Desain Komunikasi Visual

Analisis Representasi Identitas Agama dalam Kampanye Iklan: Studi Kasus Promosi Produk Aqua di Indonesia

Sutarya, Abdul Majid (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis representasi identitas agama dalam kampanye iklan Aqua edisi Ramadan serta respons masyarakat terhadap strategi pemasaran tersebut. Pokok permasalahan terletak pada dilema antara efektivitas pemasaran berbasis nilai agama dengan potensi kritik atas eksploitasi simbol agama untuk kepentingan komersial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten pada materi iklan dan observasi media sosial untuk memahami elemen-elemen simbolis, seperti penggunaan model berhijab, busana koko, dan representasi ulama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini mampu menciptakan koneksi emosional dengan konsumen Muslim, tetapi juga memicu kritik akibat ketidakkonsistenan antara nilai-nilai yang diiklankan dengan praktik perusahaan induk, seperti isu dukungan terhadap Israel. Respons masyarakat terbagi menjadi apresiasi, kritik, dan netral, dengan kritik mencatatkan 30% dari analisis sentimen. Kesimpulan utama penelitian ini adalah bahwa efektivitas pemasaran berbasis agama memerlukan konsistensi nilai dan integritas etis untuk meminimalkan risiko reputasi serta memastikan strategi yang berkelanjutan dan sensitif terhadap nilai-nilai masyarakat. Kata Kunci: Identitas Agama, Iklan Aqua, Pemasaran Etis, Representasi Budaya, Simbol Keagamaan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...