Pelayanan kefarmasian yang berkualitas menjadi aspek yang penting dalam peningkatan utu layanan di sebuah Puskesmas. Karakteristik pasien dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Purwoyoso, Kota Semarang, adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif non-eksperimenal dengan mengumpulkan 96 pasien atau keluarga pasien yang melakukan penebusan resep dari Mei hingga Juni 2025. Karakteristik responden didiomnasi oleh perempuan sebanyak 60,42% dengan rentan usia 46 – 55 tahun (25%, pendidikan SMA sebanyak 49,38% dan menjadi ibu rumah tangga (32,29%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien sangat puas dengan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwoyoso, dengan skor kepuasan rata-rata 95,21%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Purwoyoso masih membutuhkan evaluasi berkala pada aspek kehandalan dalam memberikan informasi obat.
Copyrights © 2025