Penelitian ini mengukur perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan akuntan public di Surakarta terhadap kualifikasi entry level accountant yang diukur berdasarkan ketrampilan, karakteristik, pengetahuan dan kecerdasan emotional yang harus dimiliki oleh lulusan jurusan akuntansi. Penelitian menggunakan data primer dengan populasi para akuntan pendidik di Perguruan Tinggi Swasta dan para akuntan publik di Kantor Akuntan Publik di Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan 2 tahap yaitu: Cluster Random Sampling dan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data dan uji hipotesis independent sample T-Test. Berdasarkan hasil dari hasil uji Independent Sample T-Test untuk pernyataan ketrampilan dan karakteristik tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik dengan akuntan public. Kesimpulan selanjutnya menyatakan bahwa pengetahuan dan kecerdasan emotional terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik dan akuntan publik di Surakarta
Copyrights © 2025