MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 10, No 2 (2025): Edisi April

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Anggraini, Dewita (Unknown)
Sumardi, Hari (Unknown)
Hanifah, Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Dalam penelitian ini, dua kelas sampel diterapkan, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes (soal uraian) dan non-tes (angket disposisi matematis). Untuk analisis data, digunakan teknik ANOVA Dua Jalan (Two-way ANOVA). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang memiliki disposisi tinggi dengan peserta didik disposisi rendah. 3) Terdapat interaksi antara Model Problem Based Learning dan Disposisi Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...