Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Dalam penelitian ini, dua kelas sampel diterapkan, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes (soal uraian) dan non-tes (angket disposisi matematis). Untuk analisis data, digunakan teknik ANOVA Dua Jalan (Two-way ANOVA). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang memiliki disposisi tinggi dengan peserta didik disposisi rendah. 3) Terdapat interaksi antara Model Problem Based Learning dan Disposisi Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025