Pada era globalisasi saat ini, perubahan yang sangat pesat dialami oleh tatanan kehidupan masyarakat. Masyarakat dihadapkan pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang begitu pesat kemajuannya. Saat ini juga sudah sangat banyak dilakukan pseembaharuan teknologi di tengah-tengah kehidupan masyarakat di berbagai bidang kehidupan. Sebagai contoh di bidang Pendidikan, masyarakat yang langsung menggunakan dan memanfaatkannya ialah para pendidik dan para mahasiswa, tepatnya pada bidang ilmu Matematika. Harapan besar pun muncul dari semakin berkembangnya teknologi di bidang pendidikan ini, yakni menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami dan dapat diinterpretasikan langsung dalam kehidupan sehari - hari. Tentunya hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sehingga berpengaruh langsung terhadap kemajuan prestasi akademik mahasiswa. Namun, fakta di lapangan masih banyak ditemukan mahasiswa yang masih belum mau aktif ataupun antusias untukĀ  memanfaatkan penggunaan teknologi tersebut sehingga menyebabkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas terasa sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemajuan teknologi terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Penggunaan pemodelan persamaan struktural dengan analisis datanya menggunakan analisis jalur ialah metode analisis data yang digunakan. Setelah dilakukan pengolahan data statistik menggunakan Software STATCAL, diketahui hasil penelitian berupa nilai koefisien determinasi sebesar 0,824. Nilai tersebut menyatakan bahwa kemajuan teknologi dan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara kausal terhadap prestasi akademik mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025