Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri Pasirwaru Kabupaten Bandung dalam upaya peningkatan kinerja guru. Sasaran utama penelitian ini adalah strategi kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam menciptakan kondisi yang mendukung terciptanya peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri Pasirwaru Kabupaten Bandung telah memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja guru dan mutu pembelajaran. Kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan kolaboratif. Strategi kepemimpinan yang digunakan berfokus pada pembinaan, pemberdayaan, dan kerjasama, dengan dukungan berupa pengarahan, fasilitasi, supervisi, dan pelatihan. Namun, supervisi dan evaluasi kinerja guru belum dilakukan secara rutin dan mendalam, serta tanggapan terhadap permasalahan masih perlu ditingkatkan agar kepemimpinan dapat berjalan lebih optimal dan berdampak luas terhadap peningkatan profesionalisme guru dan mutu pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025