Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana Validitas media pembelajaran yang dikembangkan pada kegiatan berkarya seni lukis Mixmedia dengan media Limbah Plastik pada kelas XI di SMA Negeri 6 Bulukumba, (2) Mengetahui bagaimana Kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan pada kegiatan berkarya seni lukis Mixmedia dengan media Limbah Plastik pada Kelas XI di SMA Negeri 6 Bulukumba, (3) Mengetahui bagaimana Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan pada kegiatan berkarya seni lukis Mixmedia dengan media Limbah Plastik pada Kelas XI di SMA Negeri 6 Bulukumba. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperoleh (1) skor nilai validasi ahli materi sebesar 87, (2) Persentase nilai validasi ahli media sebesar 81 dan (3) skor nilai validasi pengguna sebesar 93. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat validitas media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. Hasil uji respons peserta didik mendapatkan hasil (1) Uji Kepraktisan dengan skor 93 kriteria sangat praktis, dan (2) Uji keefektifan berkarya seni lukis mixmedia dengan skor 96 kriteria sangat efektif. Dengan demikian, media pembelajaran berkarya seni lukis mixmedia dengan media limbah plastik berbasis presentasi ini sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025