FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya
Vol. 7 No. 2 (2022): Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya

PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR

Kholifatul Muthoharoh (Unknown)
Heri Darheni (Unknown)
M. Khoirul Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan dalam menanamkan sikap toleransi di sekolah dasar. Sikap toleransi merupakan nilai penting yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang harmonis dan mendorong siswa untuk menerima perbedaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi metode yang digunakan oleh sekolah dalam menanamkan toleransi, tantangan yang dihadapi, dan dampak pendidikan toleransi terhadap perilaku siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, serta kuesioner kepada siswa di sekolah dasar di wilayah perkotaan dan pedesaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan toleransi yang terintegrasi dalam kurikulum dan diterapkan melalui kegiatan kelas maupun ekstrakurikuler berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menghargai perbedaan. Pendidikan toleransi juga membantu mengurangi konflik dan meningkatkan kolaborasi antar siswa. Namun, tantangan dalam menanamkan nilai ini termasuk keterbatasan sumber daya dan dukungan dari masyarakat. Temuan ini menyoroti pentingnya upaya bersama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk generasi yang toleran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JF

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL FIKRI adalah jurnal berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam (IAIMNU) Metro Lampung. Jurnal Fikri memuat artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual (baik kualitatif lapangan atau kualitatif pustaka) dengan fokus kajian di bidang “Kajian Agama, Sosial dan ...