Bullying merupakan kekerasan yang dapat dilakukan oleh satu orang atau sekelompok orang. Kejadian perilaku bullying pada anak usia sekolah merupakan indikator utama kesejahteraan anak. Hal tersebut juga penting sebagai pembanding permasalahan sosial kasus pada anak secara global. Perilaku bullying akan berdampak bagi korban maupun pelaku dari berbagai dimensi seperti perkembangan sosial, pendidikan, dankesehatan. Prevalensi perilaku bullying di Amerika Serikat pada tahun 2015 sekitar 20-29%. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Obervasi guru tentang jenis-Jenis Perilaku Bullying Siswa di SD Negeri Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap”. Tujuan Penelitian untuk mengetahui jenis-jenis perilaku bullying siswa di SD Negeri Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Desain penelitian ini deskriptif. Penelitian ini adalah studi deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran jenis-jenis perilaku bullying pada siswa di SD Negeri Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. perilaku bullying verbal siswa dalam kategori rendah sebanyak 68 responden (100,0%). perilaku bullying fisik siswa dalam kategori rendah sebanyak 68 responden (100,0%). perilaku bullying psikologis siswa dalam kategori rendah sebanyak 68 responden (100,0%). Perilaku bullying verbal, fisik dan psikologis siswa dalam kategori rendah. perilaku bullying psikologis siswa dalam kategori rendah.
Copyrights © 2025