Penelitian ini dilakukan pada SMA Al-Furqon Muhammadiyah Cibiuk Kabupaten Garut, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tafsir Al-Qur’an dengan metode talaqqi terhadap pemahaman Al-Qur’an pada siswa kelas XI. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan Software Program SPSS Versi 22. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif dan Asosiatif, dengan analisa jalur (Path Analysis). Hasil uji menunjukkan bahwa pembelajaran tafsir Al-Qur’an dengan metode talaqqi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman Al-Qur’an, nilai masing-masing t hitung yakni pembelajaran tafsir Al-Qur’an dengan metode talaqqi sebesar 15,412 melebihi t tabel 2,021 pada level signifikansi 5%. Besarnya pengaruh Pembelajaran tafsir Al-Qur-an dengan metode talaqqi terhadap pemahaman Al-Qur’an sebesar 92% dan besarnya pengaruh dari variabel diluar pembelajaran tafsir Al-Qur-an dengan metode talaqqi yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini terhadap pemahaman Al-Qur’an sebesar 8%. Dengan persamaan Y = 0,728 X + u. Hasil ini menunjukkan bahwa Hipotesis yang penulis ajukan benar (terbukti) bahwa Pembelajaran tafsir Al-Qur-an dengan metode talaqqi berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman Al-Qur’an pada siswa kelas XI SMA Al-Furqon Muhammadiyah Cibiuk Kabupaten Garut
Copyrights © 2025