Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan Document Management System (DMS) dalam mengelola arsip kepegawaian pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional II Surabaya serta menganalisis kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) bersama pegawai BKN pengguna DMS. Hasil penelitian menunjukkan adanya efisiensi pengelolaan arsip setelah penerapan DMS karena dalam melakukan pencarian dan penyimpanan dokumen dilakukan secara digital. Namun, masalah terbesar yang dihadapi banyak orang adalah menerapkan perubahan penggunaan dokumen berbasis digital karena antarmuka DMS yang dianggap kurang ramah pengguna, terutama bagi pegawai senior. Selain itu, keluhan lain yang diajukan adalah terbatasnya dukungan teknis, kurangnya pelatihan menyeluruh, serta masalah teknis terkait dengan kecepatan akses dan gangguan server, semua ini mengurangi efektivitas aplikasi DMS. Oleh karena itu, disarankan dalam penelitian ini memperbaiki desain DMS, meningkatkan pelatihan, serta memperbaiki dukungan teknis DMS untuk memaksimalkan pemanfaatan DMS dan kepuasan pengguna. Penelitian ini juga menyumbangkan pemikiran dalam memahami sesulit ini bagi instansi pemerintah dalam menerapkan sistem manajemen dokumen secara digital serta memberikan rekomendasi perbaikan sistem pada masa mendatang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025